Kompres CSS, Javascript, HTML Lengkap untuk Loading Cepat Blog Arnoldi Hernanda Friday, 30 November 2012 2 Comments


Banyak blog yang sudah anda kunjungi soal cara kompres CSS, Javascript, atuapun kode HTML anda tapi saya yakin anda kurang puas karena hasil kompresnya tidak memuaskan disebabkan karena website penyedia tool kompres HTML, kompres CSS, dan kompres Javascript yang direferensikan tidak berkualitas ataupun karena artikel yang ditulis membingungkan dan hanya hasil copy-paste saja sehingga tidak memberikan anda solusi tepat cara kompres HTML, cara mengurangi ukuran Javascript serta trik melakukan kompres CSS.

Untuk membantu anda melakukan kompres html, css dan java script blog secara lengkap dan benar guna mempercepat loading blog anda untuk itu saya akan jelaskan satu persatu caranya secara rinci :

Cara Kompres kode CSS blog

Agar caranya benar dan tidak error maka anda harus tau kode css mana yang harus di kompress dari sederetan kode script yang ada di blog anda. Kode css yang harus anda kompres letaknya adalah antara kode <b:skin><![CDATA[/* sampai pada kode css sebelum ]]></b:skin>. Copy semua kode CSS yang ada antara kedua kode berwarna biru tersebut dengan terlebih dahulu mencarinya di blog anda dengan cara (ini untuk pemula bila anda tidak tahu sama sekali caranya):
Silahkan menuju ruang pengeditan HTML template blog anda, dari halaman Dasboard klik Desaign  atau tata letak loyout.
Kemudian klik Edit HTML
Selanjutnya dari kolom edit HTML/edit template, untuk memudahkan pencarian kode css anda tekan tombol Ctrl + F kemudian ketikkan kode <b:skin><![CDATA[/* dan tekan Enter.
Bila sudah silahkan copy semua code css yang saya maksud di atas dan kemudian kunjungi website penyedia layanan compress css yang sudah saya coba dan terbukti keakuratannya (Ingat! sangat banyak yang menyediakan layanan kompres css, tapi cuma ini yang diakui ke akuratannya karna dikelola oleh Yahoo sendiri. Silahkan kunjungi http://www.refresh-sf.com/yui/#output (copy-paste sendiri di browser anda karena ini tidak dibuat link langsung kealamatnya).

Bila sudah terbuka websitenya silahkan paste code css yang anda copy tadi dan ikuti petunjuk ini:
Pada bagian file tipe pilih 'CSS' (ini juga berlaku untuk file Javascript karena bila anda menggunakan pilihan 'JS' biasanya akan error hasilnya sekalipun yang akan anda kompres adalah Javascript)
Pada global option abaikan saja bila anda tidak menginginkannya.
Pada Javascript Option silahkan centang semua kolomnya jika anda ingin hasil yang maksimal.
Langsung klik 'Compress' dan abaikan dua kolom yang ada persis di atasnya.
Bila sudah ada hasilnya silahkan anda copy dan ikuti langkah selanjutnya.
Terakhir tinggal kembali ke halaman kode css blog anda. Bila keadaannya masih terblok langsung saja paste kode css hasil kompres yang anda copy tadi untuk menimpa kode css aslinya.

Ingat jangan langsung di save. Usahakan untuk melakukan 'preview' kode css-nya terlebih dahulu. Bila telah berhasil maka silahkan anda save, tapi bila tidak clik saja Ctrl + Z untuk membatalkannya.

Cara Kompres kode Javescript Blog

Untuk bagian ini caranya sama dengan cara di atas hanya saja yang perlu saya sampaikan kepada anda adalah mengenai kepastian kode Javascript yang harus anda kompress. Letak kode Javascript yang akan anda kompres letaknya ada antara kode <head> sampai pada kode javascript sebelum </head>

Sebelum memulai saya ingin sampaikan bahwa kode css pada penjelasan sebelumnya sebenarnya juga ada antara kode <head> dan </head> jadi anda seperti mengulang langkah sebelumnya tapi secara keseluruhan kodenya yang anda kompress.

Mengenai cara kompres dan sumber website yang menyediakan fasilitas kompres Javascript adalah sama dengan cara kompres kode css di atas. hanya saja yang perlu anda perhatikan adalah mengenai pemilihan toolnya yang saya jelaskan seperti di atas, yaitu pada "file tipe" tetap pilih 'CSS' sekalipun yang akan anda kompres adalah Javascript karena bila anda menggunakan pilihan 'JS' biasanya akan error hasilnya.

Cara Kompres kode HTML blog

Cara kompres kode html untuk keperluan mempercepat loading blog anda berbeda dengan cara di atas, baik mengenai kodenya maupun dengan website penyedia tool kompres html-nya.

Kode html yang anda kompres letaknya ada antara <body> sampai dengan kode html sebelum </body> caranya cukup lakukan hal yang sama seperti cara kompres css di atas. Hanya saja website penyedia layanan kompres html yang digunakan berbeda. Website yang dimaksud adalah http://www.miniwebtool.com/html-compressor/ (silahkan copy-paste sendiri di browser anda karena ini tidak dibuat link langsung kealamatnya).

Alamat website penyedia fasilitas kompres html yang saya tunjukkan di atas sudah saya coba keakuratannya dan sudah saya bandingkan dengan website fasilitas kompres html yang lainnya. jadi tidak usah khawatir soal hasil kerjanya.

Selamt mencoba !!! Untuk mengembangkan pengetahuan trik SEO anda silahkan lihat artikel terkait "Menuju Trik SEO 2012 yang Berubah Haluan" atau "Trik SEO yang Friendly Versi Google Panda" dan jangan lupa tinggalkan komentar anda untuk menambah backlink anda (Ingat! tanpa url dan promosi karena kami akan menghapus komentar anda).
Sumber : http://www.inabuy.com/2011/11/kompres-css-javascript-html-lengkap.html
by Jillur Rahman

Jillur Rahman is a Web designers. He enjoys to make blogger templates. He always try to make modern and 3D looking Templates. You can by his templates from Themeforest.

Follow him @ Twitter | Facebook | Google Plus

2 comments :

  1. terimaskih tutornya sob,,saya baru membangun sebuah blog,,namun saya mengalami beberapa masalah dalam membangun blog saya agar cepat loading,,tentunya saya menginginkan agar SEO..pada blog saya sendiri memang sedikit lama loading nya sob,,namun disini saya terbentur dalam sebuah pikiran sobat,,maaf ya comment ini sedikit panjang,,terbenturnya pemikiran saya begini sobat : jika seorang blogger newbie katakanlah itu saya sendiri yang ingin sekali mengetahui lebih bnyak tentang dunia blogger,,sebut saja dalam pengeditan sebuah blog yg biasa disebut edit template,,pengen agar tampilan blog lebih menarik,tentunya disana akan banyak terjadi tambah dan ganti kode pada kode HTLM itu sendiri,,misalnya saya pengen membuat sebuah widget tanpa javascript atau edit HTML pada kolom edit tempalate,,nah kebingungan saya disini adalah apakah setelah saya melakukan kompress css ini nantinya tidak akan menyusahkan saya saat edit template dilain waktu,,??karena secara otomatis semua kode2 yang asli bawaan template sudah kita kompress dengan jenis yg berbeda,,jikalau suatu saat saya pengen membuat sebuah widget dalam kolom edit html apa kode yg saya cari nantinya akan ada dan akurat lagi untuk pemasangan widget nya,,contoh : saya akan memasang sebuah widget yang menghruskan meletakkan kode css nya diatas kode ]]> ..ternyata kode tsb sudah dikompres dengan kode2 lainnya..kalau sebelum dikompres letaknya kan terpisah,,setelah dikompres letaknya sudah bergabung dg kode lain hasil kompres CSS ini..nah yg jadi pertanyaan bagaimana cara nya agar saya bisa mengatasi permsalahan disini sobat,,?? besar harapan saya atas bantuan anda sobat,,semoga dengan bantuan sobat permasalahan yg saya hadapi dapat teratasi,,Mohon komfirmasinya sobat terimaksih banyaksebelumnya..salam dari saya dang murganto http://saktobek.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Kalo Widgetnya Tidak Perlu Tidak Usa di Pasang
    Tetapi Jika hanya Gambar " welcome To my Blog " Mendingan tidak usa di pasang :D

    ReplyDelete

[-] BaelNo Rule :
-MAX LIVE ( 3 )
-Comment Dengan User Anonim akan saya Delete
-DONT SPAM
-DONT FLOOD
-BILA ANDA SUKA DENGAN ARTIKEL INI SILAHKAN BERKOMENTAR
-GUNAKANLAH BAHASA YANG SOPAN
Keuntungan :
-BLOG INI TELAH MENJADI BLOG DOFOLLOW JADI JIKA KALIAN BERKOMENTAR AKAN MEDAPAT BACKLINK
[-] Keuntungan Di Blog Ini
- Blog Ini Ada Blog Dofollow
- Comment Tidak Ada Capta
- Bisa Comment Dengan Name/URL
-Tukar Link
-Tukar Banner
Add Facebook admin : Arnoldi Hernanda
Blog ini Telah Jadi Blog Dofollow :D
- Alexa Rank :
[-]World : 282,364
[-]Indonesia : 4,251
[-]Backlink : 131
- Google Page Rank : 2
[-] Jadi Berkomentar Lah Yang Sopan :)