Apa Itu Hacker? Apa Sama Dengan Hax0r? Arnoldi Hernanda Monday, 19 November 2012 1 Comment


Anda mungkin pernah atau sering mendengar tentang "hacker", dan anda juga mungkin sudah melihat versi sensasional dari hacker di film-film atau aksi mereka di dunia maya. Tapi apa sebenarnya hacker? apakah sama dengan "haxors"?



Seorang hacker adalah seorang pengguna komputer yang memiliki keterampilan di atas rata-rata,baik itu bermotivasi negatif atau positif,memanipulasi dan masuk ke sistem komputer. Anda akan melihat istilah "hacker" dieja kreatif dengan cara yang berbeda, seperti "haxor", "Hax0r", dan "h4x0r",tapi semuanya berarti sama.

Bagi sebagian orang hacker identik dengan kejahatan.Namun sekarang, istilah hacker juga telah diperluas mencakup non-kriminal bagi pengguna komputer.Saat ini penggolongan hacker di tandai dengan istilah warna topi.

Ada 3 tipe modern hacker:
 
    Black Hats: Criminal Hackers. pekerjaan: Penetration Tester.
    White Hats: Ethical Hackers. pekerjaan: spesialis keamanan jaringan.
    Grey Hats:  Jack of all trades, Master of none.pekerjaan:berdasarkan hobi.

1) Classic "Black Hat" Hacker = Penjahat / Pelanggar Hukum

    Ini adalah definisi klasik dari hacker: pengguna komputer yang dengan sengaja berusaha untuk mengacaukan atau melakukan pencurian pada jaringan orang lain.Hacker klasik macam ini juga dikenal sebagai "black hat hacker" karena motivasi berbahaya yang dimilikinya.Black hat adalah pengguna komputer berbakat tapi aksinya sering dimotivasi oleh perasaan kekuasaan dan balas dendam. Mereka adalah penjahat elektronik, dalam setiap arti kata, dan berbagi ciri-ciri kepribadian yang sama mirip remaja penggemar tawuran yang memecahkan kaca-kaca mobil,merusak demi kepuasan pribadi.Namun itu adalah relatif,tergantung dari motif pelakunya secara personal.

Hacker tipe ini biasanya melakukan metode serangan seperti:
 DOS / DDOS: serangan yang membebani server internet.
 Mendeface website dengan membajak kendali dan mengganti tampilan halaman utama dengan slogan-slogan tertentu.
 Melakukan pencurian identitas dengan mencuri informasi pribadi dari individu.
 Botnetting: mengendalikan dari jarak jauh puluhan bahkan ratusan komputer pribadi,memprogram mereka untuk menjadi "zombie"lalu menyebar spam.

2) White Hat "Ethical Hackers" =Spesialis keamanan jaringan

    Berbeda dengan black hat hacker klasik,white hat memiliki kehormatan, atau setidaknya memiliki motivasi yang terkendali.White Hat hacker adalah seorang ahli keamanan komputer berbakat yang diberdayakan untuk membantu melindungi jaringan komputer sebuah perusahaan/institusi.Sementara mereka sendiri mungkin tidak sepenuhnya etis, hacker tipe ini biasanya dimotivasi oleh gaji yang besar. Hal ini tidak mengejutkan melihat pengeluaran mereka untuk urusan komputer pribadi sangat mahal dalam kehidupan mereka, sehingga mereka dapat bermain game online setelah bekerja misalnya. Selama mereka memiliki pekerjaan yang baik dengan gaji yang mendukung, seorang hacker tipe ini biasanya tidak termotivasi lagi untuk menghancurkan atau mencuri dari majikan mereka.

Jenis lain dari white hat adalah "Academic Hackers": ahli komputer yang tidak tertarik dalam melindungi sistem, melainkan dalam menciptakan program pintar dan interface yang indah. Jika anda adalah seorang hacker akademik, misalnya, anda akan mengambil kode program yang ada,memodifikasi, memperbaiki hingga jauh lebih baik dari sebelumnya. "Hacking Akademik" adalah tentang obsesi berinovasi pada kode komputer sehingga menjadi lebih indah atau lebih efisien sebagai sebuah program. Hacker akademik, secara umum, tidak berbahaya dan tidak berusaha untuk merusak jaringan orang lain.Hacker jenis ini biasanya adalah orang-orang lulusan sekolah pemograman komputer.

3) Grey Hat Hacker = Ketidakpastian sisi.

     Grey hat sering di samakan dengan "hacker hobi": pengguna dengan keterampilan teknologi dasar atau menengah yang suka membongkar dan memodifikasi komputer mereka sendiri demi kesenangan pribadi, dan juga kerap aktif dalam kegiatan seperti file-sharing film atau crack software.Penggemar peer to peer(P2P). Dan memang, jika anda pernah memodifikasi router dan firewall untuk download lebih cepat P2P, anda bisa menggambarkan diri anda sebagai seorang hacker Grey Hat.Bersyukurlah,karena hanya sebagian kecil dari hacker tipe yang pernah meningkat menjadi black hat hacker  yang serius.

Semoga Bermanfaat ^_^
Sumber
by Jillur Rahman

Jillur Rahman is a Web designers. He enjoys to make blogger templates. He always try to make modern and 3D looking Templates. You can by his templates from Themeforest.

Follow him @ Twitter | Facebook | Google Plus

1 comment :

  1. Label Pakaian Semarang - artikelnya membantu banget , makasih

    ReplyDelete

[-] BaelNo Rule :
-MAX LIVE ( 3 )
-Comment Dengan User Anonim akan saya Delete
-DONT SPAM
-DONT FLOOD
-BILA ANDA SUKA DENGAN ARTIKEL INI SILAHKAN BERKOMENTAR
-GUNAKANLAH BAHASA YANG SOPAN
Keuntungan :
-BLOG INI TELAH MENJADI BLOG DOFOLLOW JADI JIKA KALIAN BERKOMENTAR AKAN MEDAPAT BACKLINK
[-] Keuntungan Di Blog Ini
- Blog Ini Ada Blog Dofollow
- Comment Tidak Ada Capta
- Bisa Comment Dengan Name/URL
-Tukar Link
-Tukar Banner
Add Facebook admin : Arnoldi Hernanda
Blog ini Telah Jadi Blog Dofollow :D
- Alexa Rank :
[-]World : 282,364
[-]Indonesia : 4,251
[-]Backlink : 131
- Google Page Rank : 2
[-] Jadi Berkomentar Lah Yang Sopan :)