Cara Menulis Artikel SEO Friendly Arnoldi Hernanda Sunday, 18 November 2012 4 Comments

Membuat Artikel pada website atau blog merupakan hal yang menarik bagi saya selaku penulis dan pembuat blog ini,karena menulis artikel itu juga merupakan sebuah seni dalam merangkai tatanan Rumah Tangga per-SEO-an.artikel yang merupakan materi penting sebagai konten website atau blog,dimana tempat meletakkan jumlah Keyword,Phrase dan berbagai kategori pengoptimal website pada SERP.

Dari beberapa sumber informasi yang saya dapat,ada beberapa panduan khusus dalam penulisan sebuah artikel agar spiderbot search engine mudah menempel,panduan tersebut mengenai cara penulisan Judul Artikel dengan jumlah karakter dan posisinya,mengenai spasi,suku kata dan hal lainnya.

Berikut tuntunan dalam menulis sebuah artikel pada website atau blog yang SEO Friendly,

1. Judul

Manulis judul artikel yang optimal di anjurkan oleh dua search engine terkemuka,yaitu Google dan Yahoo adalah maksimum sebanyak 115 karakter/huruf,jangan lebih,tapi bukannya tidak boleh seandainya lebih dari 115 karakter/huruf,karena tidak akan berakibat buruk,namun efeknya adalah pada perhitungan Density dari website/blog anda.sudah saya lakukan riset beberapa kali dalam penulisan judul,kemudian telah saya biktikan sendiri bahwa pada Google hanya menampilkan 65 karakter saja dalam SERP-nya.sedangkan pada Yahoo sebanyak 155 paling maksimalnya termasuk spasi dan tanda baca.

Jadi,saya telah simpulkan bahwa judul yang di alokasikan Google setelah karakter/huruf ke-65 tidak terlalu membantu dalam menentukan indeks spiderbot.ada beberapa situs (tidak saya sebutkan) yang menjadi prioritas utama SERP Google di halaman utama,situs yang memiliki rata-rata berkisar antara 65 karakter dalam penulisan setiap artikelnya,yang kemudian judul-judul pada website tersebut saya ambil untuk dijadikan kalimat pencari di search engine google dan ujungnya saya tambahkan kalimat dari bahasa indonesia,dan ternyata,situs yang tadinya selalu menjadi Nomor wahid pada SERP Google,KALAH dengan situs yang pada halaman kontennya tidak memilki Keyword Indonesia,padahal situs tersebut mempunyai pagerank 3,4 dan 5.dan ternyata situs yang tidak memilki Keyword tersebut di dalamnya memilki Inbound Link dari Indonesia,makanya dapat memenangkan persaingan Listing SERP Google.

jadi,saya simpulkan bahwa judul yang tidak melebihi dari 65 huruf pada google,115 pada yahoo,akan menjadi kekuatan motor pacu adrenalin si search engine dalam mengindeks judul artikel kita,walaupun tanpa kehadiran Keyword,karena memang sekarang spiderbot sudah kurang memprioritaskan penggunaan keyword,Google dan yahoo menomor satukan kekayaan perbendaharaan kata atau yang di sebut dengan Phrase kalimat agar Variasi konten lebih terakomodir dan mempunyai perbedaan yang mencolok terhadap konten website lain,dan menjadi ciri khas dari website anda.

Yang paling penting dalam menulis judul adalah :

a.  Jangan memakai kalimat yang di filter oleh search engine,seperti adalah,ialah dan sejenisnya (dalam bahasa indonesia), atau is,are,it dsb (dalam bahasa inggris)
b. Buang kata yang tidak ada gunanya dan tidak berhubungan dengan artikel.
c. Jangan menggunakan separator.

2. Phragraf

setelah anda menyelesaikan menulis judul artikel,maka dimulailah penulisan awal dari inti artikel.

a. Pada phragraf pertama,uraikanlah pembahasan yang ada pada phragraf 1,2,3 dan seterusnya dengan singkat dan jelas (kalau anda menulis dengan banyak phragraf),karena pada phragraf pertama lah spiderbot akan mengambil snippet yang akan digunakan pada SERP.
b. Pada Phragraf pertama Jangan melebihi dari 260 suku kata,setelah itu barulah lanjutkan pada phragraf kedua.
c. Mulailah memasukkan Kalimat-kalimat yang relevan yang dikehendaki yang sesuai dengan misi pencarian pada kebiasaan pada search engine,baik itu beberapa Link dan keyword (2 keyword paling maksimal disertakan),Prosa,Majas atau Mantiq untuk pengaya perbendaharaan kalimat artikel anda.dan jangan melebihi 500 suku kata untuk tiap phragraf.setelah Phragraf pertama.terkecuali Phragraf yang menggunakan digit penomoran dan digit alfabetika.
d. setelah pembahasan selesai,buatlah kesimpulan dari seluruh pembahasan semua Phragraf diatas dengan membuat Phragraf Footer,maksimum 250 suku kata.
e. jika bukan tentang tips dan trik sharing widget/gadget,jangan menulis atau membubuhi javascript,karena javascript tidak terindeks si "laba-laba" search engine.begitupun dengan Flash,juga tidak di indeks.

Dengan memahami tata cara penulisan artikel yang seo friendly,maka saya mengharapkan agar anda lebih giat dalam menulis artkel,baik itu tentang penggunaan judu,phragraf,keyword,yang di anjurkan dan di larang dalam artikel,agar budaya copy paste tidak terus mewabah di kalangan para blogger indonesia.

Hal yang saya sampaikan di atas juga termasuk dalam panduan yang diterapkan kepada saya selaku salah satu Author tetap artikel direktori di Articlesbase dan Ezinearticles.

Semoga memberi manfaat bagi anda yang membacanya.

by Jillur Rahman

Jillur Rahman is a Web designers. He enjoys to make blogger templates. He always try to make modern and 3D looking Templates. You can by his templates from Themeforest.

Follow him @ Twitter | Facebook | Google Plus

4 comments :

[-] BaelNo Rule :
-MAX LIVE ( 3 )
-Comment Dengan User Anonim akan saya Delete
-DONT SPAM
-DONT FLOOD
-BILA ANDA SUKA DENGAN ARTIKEL INI SILAHKAN BERKOMENTAR
-GUNAKANLAH BAHASA YANG SOPAN
Keuntungan :
-BLOG INI TELAH MENJADI BLOG DOFOLLOW JADI JIKA KALIAN BERKOMENTAR AKAN MEDAPAT BACKLINK
[-] Keuntungan Di Blog Ini
- Blog Ini Ada Blog Dofollow
- Comment Tidak Ada Capta
- Bisa Comment Dengan Name/URL
-Tukar Link
-Tukar Banner
Add Facebook admin : Arnoldi Hernanda
Blog ini Telah Jadi Blog Dofollow :D
- Alexa Rank :
[-]World : 282,364
[-]Indonesia : 4,251
[-]Backlink : 131
- Google Page Rank : 2
[-] Jadi Berkomentar Lah Yang Sopan :)