Cara Menjaga Kinerja Komputer Anonymous Thursday 15 November 2012 2 Comments


Banyak orang bertanya-tanya mengapa terkadang komputernya merasa tidak bekerja secara optimal. membandingkan antara komputernya dengan komputer lainnya, dan tidak sedikit pula orang yang sering jengkel terhadap komputernya karna menganggap tidak bisa memberikan kinerja yang memuaskan. Sebenarnya hal tersebut terjadi karna kesalahan penggunanya sendiri, mereka cendrung memikirkan pekerjaan yang tiada henti di lakukan pada komputer dan tak jarang hal terpenting dalam perawatan komputer selalu di abaikan.
Perawatan komputer tidak semudah yang di kira, perawatan komputer selain dari luar kita harus memperhatikan perawatan dari dalamnya. hal ini adalah kunci dari semuanya. kinerja komputer dapat menurun karna kurangnya perawatan dari dalam dan kurangnya memperhatikan hal-hal yang penting. dan Bagaimana kita harus melakukan semua itu??


Di sini saya akan menjelaskan bagaimana merawat komputer anda agar dapat di gunakan semaksimal mungkin dan tentunya tidak membuat anda jengkel karna lambatnya kinerja.

Pertama, jangan anda gunakan komputer secara terus menerus tanpa adanya waktu istirahat untuk komputer anda, bagilah waktu anda dengan mematikan dan mengistirahatkan komputer serta jangan memaksa pekarjaan sehingga anda pun harus kerja ekstra demi menyiapkan tugas yang menumpuk. hal ini harus di perhatikan karna komponen komputer dapat mengalami kerusakan jika terlalu berlebihan .

Kedua, Kurangilah Menginstal program-program yang tidak perlu dan tidak seharusnya anda instal, karena program yang terlalu menumpuk akan menghabiskan banyak memory dan tentu saja hal ini sangat merugikan anda karna selain membuat kinerja komputer menjadi lambat, hal ini juga dapat membuat memory / processor (otak komputer) menjadi cepat panas. Instal-lah program-program yang di perlukan saja.

Ketiga, Janganlah menginstal Program-program yang fungsinya ganda, maksutnya adalah, menginstal 2 atau 3 program yang mempunyai fungsi sama. Jika ingin menginstal versi terbaru dari program anda, maka uninstal terlebih dahulu program yang lama.

Keempat, Kurangi Memainkan Permainan di komputer anda, terkadang kita tidak memperdulikan seberapa banyak permainan yang kita instal dalam komputer kita, dan tidak memperdulikan seberapa seringnya kita memainkan permainan tersebut. permainan adalah hiburan semata untuk kita disaat bosan, tetapi jangan terlalu keseringan memainkannya, ini berdampak buruk untuk komputer anda, terutama pada prosesor, RAM, ataupun Mainboart anda. pemanasan yang terjadi pada prosesor komputer dapat menyebapkan kinerja menjadi melemah, dan jika ini di lakukan secara terus menerus tentunya anda dapat membayangkan hal yang akan terjadi. komputer dapat langsung mati karna pendingin tidak dapat lagi bekerja maksimal. jika anda penggila permainan, maka rancanglah dahulu komputer anda sehingga kemungkinan kerusakan dapat di hindari.

Kelima, Janganlah menggunakan Operating system yang terlalu memaksakan komputer, maksudnya jika komputer anda adalah komputer yang memiliki spesifikasi komponen yang rendah, maka cobalah memakai operating system yang rendah pula, dan jika komputer anda mempunyai spesifikasi komponen yang tinggi, maka anda boleh boleh saja menggunakan operating system yang tinggi pula.

Keenam, Gunakan Antivirus yang handal dalam penanganan virus yang mungkin dapat masuk ke komputer anda, update antivirus anda agar tetap terjaga ketangguhannya. biasakan scaner / periksa dahulu dengan antivirus anda sebelum memasukkan USB, Flashdisk, atau Harddisk External ke dalam komputer. hal ini di harapkan dapat menghalau virus yang hendak di tularkan ke komputer anda. virus merupakan hal yang sangat di benci dalam komputer. kinerja menjadi lambat serta file-file dapat rusak karna virus tersebut.

Ketujuh, Rajinlah mengecek harddisk anda dengan system utilities / sistem pembersih file-file yang tidak di perlukan dalam komputer anda. defrag hardisk juga perlu di lakukan untuk penyusunan komponen data agar mempermudah kinerja komputer. berilah jadwal rutin untuk hal ini, sekurang kurangnya 2 minggu sekali.

Kedelapan, Hindari Membuka Program secara bersamaan, dan tutuplah program yang tidak seharusnya anda jalankan. penggunaan program secara bersamaan dapat memakan Memory (RAM) yang cukup besar, hal ini dapat menyebabkan not responding pada komputer anda.

Kesembilan, Penggunaan program-program untuk mempercantik penampilan komputer dapat mempengaruhi kinerja. seperti halnya penggunaan gadget windows yang berlebihan, menggunakan wallpaper yang memiliki size besar serta mmiliki resolusi gambar yang besar, penggunaan tema untuk windows , dan lain sebagainya. bukankah hal ini tidak seharusnya di lakukan ?? jika komputer anda terlihat cantik tetapi kinerja lambat , kan sama saja tidak berguna. jadilah user yang profesional dan tidak neko-neko.


Itulah hal-hal yang harus di perhatikan agar komputer anda tetap terjaga kemaksimalan kinerjanya. jadilah pengguna yang cerdas dan jangan asal menggunakan tanpa anda sadari apa yang telah anda perbuat.
jagalah komputer anda sebagaimana anda memiliki barang yang berharga. mencegah lebih baik daripada memperbaiki. semoga bermanfaat untuk anda .
by Jillur Rahman

Jillur Rahman is a Web designers. He enjoys to make blogger templates. He always try to make modern and 3D looking Templates. You can by his templates from Themeforest.

Follow him @ Twitter | Facebook | Google Plus

2 comments :

[-] BaelNo Rule :
-MAX LIVE ( 3 )
-Comment Dengan User Anonim akan saya Delete
-DONT SPAM
-DONT FLOOD
-BILA ANDA SUKA DENGAN ARTIKEL INI SILAHKAN BERKOMENTAR
-GUNAKANLAH BAHASA YANG SOPAN
Keuntungan :
-BLOG INI TELAH MENJADI BLOG DOFOLLOW JADI JIKA KALIAN BERKOMENTAR AKAN MEDAPAT BACKLINK
[-] Keuntungan Di Blog Ini
- Blog Ini Ada Blog Dofollow
- Comment Tidak Ada Capta
- Bisa Comment Dengan Name/URL
-Tukar Link
-Tukar Banner
Add Facebook admin : Arnoldi Hernanda
Blog ini Telah Jadi Blog Dofollow :D
- Alexa Rank :
[-]World : 282,364
[-]Indonesia : 4,251
[-]Backlink : 131
- Google Page Rank : 2
[-] Jadi Berkomentar Lah Yang Sopan :)