Pengertian Hosting dan Jenis-Jenis Hosting Arnoldi Hernanda Wednesday, 27 March 2013 No Comment

Di saat era modern ini, semakin maraknya sebuah wesite atau situs. Situs atau Website adalah sebuah halaman yang berbentuk video, kata, gambar, musik, atau hal yang lainnya yang dapat dibuka di internet. Namun, tentunya dengan membuat website atau situs, tentunya kita harus membutuhkan sebuah domain dan hosting. Nah, apakah itu? Pada kesempatan kali ini, saya akan hanya menjelaskan hosting saja, untuk domain, mungkin lain waktu.

Pengertian Hosting

Ilustrasi Hosting
Hosting adalah sebuah komputer yang terhubung di jaringan internet yang dimanfaatkan untuk menempatkan sebuah halaman website atau hal yang lainya seperti email, DNS, ataupun FTP. Sebuah server hosting, selalu terkoneksi dengan internet untuk selalu dapat dibuka disetiap waktu. Sehingga, sebuah hosting server tidak boleh dimatikan. Hsoting server seperti ini pada umumnya disewakan kepada sebuah oranisasi atau individu untuk dimanfaatkan menjadi sebuah website ataupun situs.
Ada banyak macam server hosting yang disewakan oleh penyedia. Namun pelanggan harus memilih sesuai dengan tujuan dan budget yang dimiliki. Oleh karena itu, penyedia memiliki beberapa spesifikasi seperti lokasi server, data penyimpanan, bandwith, ataupun hal yang lainnya.

Jenis-Jenis Hosting

Ada beberapa layanan hosting yang disediakan oleh penyedia. Namun tidak semua penyedia hosting memiliki tipe atau jenis hosting yang ada dibawah ini. Pilih tergantung kebutuhan dan budget anda. Sehingga nantinya tidak akan mubadzir.
Shared Hosting : Shared hosting adalah sebuah server yang biasanya terdapat beberapa abungan dari website. Satu server hosting bisa terbagi menjadi ratusan atau bahkan ribuan isi situs. Jenis hosting ini biasanya menjadi andalan untuk admin website pemula.
Virtual Provate Server : Jenis hostig ini adalah sebuah server yang dibagi menjadi beberapa bagian dan di install sebuah software OS. Sehingga nantinya akan berjalan sebuah OS di atas OS yang nantinya setiap VPS bisa digunakan tanpa mengganggu VPS lainnya.
Dedicated Server : Dedicated server adalah sebuah layanan hosting yang memungkinkan kita mendapatkan kendali penuh terhadap server kita. Namun sebenarnya kita tidak memiliki server tersebut. Dengan begitu, kita akan bertanggung jawab penuh atas keamanan dan hal lain yang menyangkut server yang kita gunakan.
Free Hosting : Free Hosting atau Hosting gratis adalah sebuah layanan hosting yang tanpa biaya yang bisa kita gunakan. Biasanya dengan free hosting ini, kita bisa membuat sebuah website yang bisa kita buat dengan mudah. Namun kelemahannya, hosting gratis selalu menempatkan banyak situs dalam sebuah server. Selain itu, terkadang juga terdapat banyak iklan dalam website kita atau kontrol panel kita.
Sebenarnya masih ada beberapa jenis-jenis hosting yang lainnya. Namun, menurut saya hosting pada umumnya yang digunakan saat ini adalah jenis-jenis hosting diatas. Oke, semoa artikel kali ini bermanfaat bagi anda.
by Jillur Rahman

Jillur Rahman is a Web designers. He enjoys to make blogger templates. He always try to make modern and 3D looking Templates. You can by his templates from Themeforest.

Follow him @ Twitter | Facebook | Google Plus

No Comment

[-] BaelNo Rule :
-MAX LIVE ( 3 )
-Comment Dengan User Anonim akan saya Delete
-DONT SPAM
-DONT FLOOD
-BILA ANDA SUKA DENGAN ARTIKEL INI SILAHKAN BERKOMENTAR
-GUNAKANLAH BAHASA YANG SOPAN
Keuntungan :
-BLOG INI TELAH MENJADI BLOG DOFOLLOW JADI JIKA KALIAN BERKOMENTAR AKAN MEDAPAT BACKLINK
[-] Keuntungan Di Blog Ini
- Blog Ini Ada Blog Dofollow
- Comment Tidak Ada Capta
- Bisa Comment Dengan Name/URL
-Tukar Link
-Tukar Banner
Add Facebook admin : Arnoldi Hernanda
Blog ini Telah Jadi Blog Dofollow :D
- Alexa Rank :
[-]World : 282,364
[-]Indonesia : 4,251
[-]Backlink : 131
- Google Page Rank : 2
[-] Jadi Berkomentar Lah Yang Sopan :)