DEFRAGMENTATION - SUDAHKAN ANDA MELAKUKANNYA? Anonymous Wednesday 6 March 2013 No Comment

Defragmentation - Sudahkan Anda melakukannya?
Defragmentation adalah sebuah proses yang dilakukan untuk merapikan susunan file yang berada di media penyimpanan ( mass storage ), seperti HardDisk dan Flashdisk.
Lalu, kenapa Defragmentation itu perlu? Sebelum itu kita harus tau bagaimana cara media penyimpanan itu bekerja. Media Penyimpanan file tersebut terdiri dari blok - blok yang memiliki besar tertentu, contohnya Flashdisk ukuran 1 GB bisa saja terdiri dari blok sebesar 1000 KB ( 1 MB ) sejumlah 1000 buah. Jadi ketika Anda memasukkan sebuah file sebesar 2,5 MB ke dalam Flashdisk tersebut, maka file tersebut akan menggunakan 3 Blok, dimana 1 blok memiliki sisa space 500 KB.
defragmentationBiasanya ketika menggunakan media penyimpanan, kita memasukkan file lebih dari satu dan sering menghapus, mengubah file - file yang ada di media penyimpanan tersebut. Hal tersebut membuat blok-blok menjadi "berlubang" dan ketika kita memasukkan file baru, file tersebut akan terpencar di antara lubang-lubang tersebut dan Defragmentation bertugas untuk menyatukan dan mengurutkan file - file yang terpencar, sehingga ketika Anda ingin mengakses file tersebut komputer Anda tidak akan kesulitan mencari potongan - potongan file tersebut.

Jika komputer Anda mulai slow atau hang coba lah untuk melakukan Defragmentation, tetapi sebelum itu bersihkan komputer Anda dari file - file yang tidak dibutuhkan dengan CCleaner.
Anda tidak disarankan untuk men-defrag media penyimpanan berupa SSD - Solid State Drive, karena dapat memperpendek umur SSD tersebut.

Tools untuk melakukan Defragmentation

Tools defragment yang sediakan oleh Operation System sebenarnya sudah cukup baik untuk melakukan defragmentation, akan tetapi jika Anda ingin hasil yang lebih baik, saya menyarankan Anda untuk menggunakan defragmentation bernama MyDefrag yang bisa Anda dapatkan di http://www.mydefrag.com/ .
by Jillur Rahman

Jillur Rahman is a Web designers. He enjoys to make blogger templates. He always try to make modern and 3D looking Templates. You can by his templates from Themeforest.

Follow him @ Twitter | Facebook | Google Plus

No Comment

[-] BaelNo Rule :
-MAX LIVE ( 3 )
-Comment Dengan User Anonim akan saya Delete
-DONT SPAM
-DONT FLOOD
-BILA ANDA SUKA DENGAN ARTIKEL INI SILAHKAN BERKOMENTAR
-GUNAKANLAH BAHASA YANG SOPAN
Keuntungan :
-BLOG INI TELAH MENJADI BLOG DOFOLLOW JADI JIKA KALIAN BERKOMENTAR AKAN MEDAPAT BACKLINK
[-] Keuntungan Di Blog Ini
- Blog Ini Ada Blog Dofollow
- Comment Tidak Ada Capta
- Bisa Comment Dengan Name/URL
-Tukar Link
-Tukar Banner
Add Facebook admin : Arnoldi Hernanda
Blog ini Telah Jadi Blog Dofollow :D
- Alexa Rank :
[-]World : 282,364
[-]Indonesia : 4,251
[-]Backlink : 131
- Google Page Rank : 2
[-] Jadi Berkomentar Lah Yang Sopan :)